VISUAL BASIC

Shrewd Method To Get Buy Custom Essay Click For More Info click this link Practical Method To Get Progress And Service Essay Georgia Tech

Visual Basic adalah salah satu developement tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer. Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Microsoft Windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan mudah.

Dalam lingkungan Windows, User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.

Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.

Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam mempelajari Visual Basic :

  1. Objek
    Sering disebut entity adalah sesuatu yang bisa dibedakan dengan lainnya. Pada dasarnya seluruh benda didunia ini bisa dikatakan sebagai objek, contoh : mobil, komputer, radio, dan lain-lain. Dalam Visual Basic objek-objek yang dimaksud disebut kontrol. Jenis-jenis control antara lain ; Label, Text Box, Combo Box, List Box, dan masih banyak lagi
  2. Properti
    Sering disebut atribut, adalah ciri-ciri yang menggambarkan uatu objek. Misalnya disebut objek mobil jika mempunyai ban, spion, rem, dan lain-lain
  3. Event
    Suatu kejadian yang menimpa objek. Bagaimana jika mobil didorong, ditabrak, dicat, dan sebagainya
  4. Metode
    Kemampuan yang dimiliki oleh suatu objek. Contohnya jika mobil berbelok, mundur, maju.

Teknologi .NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web service. Platform Microsoft .NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun dalam tiga lapisan (layer). Lapisan paling bawah adalah sistem operasi;lapisan kedua terdiri dari tiga komponen; lapisan teratas adalah

Visual Studio .NET

Microsoft Visual Studio .NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP.NET, XML Web Services, aplikasi dekstop, dan aplikasi mobile. Di dalam Visual Studio inilah bahasa-bahasa pemrograman .NET seperti Visual Basic, Visual C++, Visual C# (CSharp), dan Visual J# (JSharp). Semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memungkinkan untuk saling berbagi tools dan fasilitas.

Apa Itu VB.NET ?

VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi. Bahasa Pemrograman Adalah Perintah-perintah yang dimengerti oleh computer untuk melakukan tugas-tugas tertentu Bahasa pemrograman VB.NET dikembangkan oleh Microsoft , Merupakan Salah Satu Bahasa Pemrograman Yang Object Oriented Program(OOP) atau Pemrograman yang berorientasi Pada Object. Kata “Visual” menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat Graphical User Interface (GUI). Dengan Cara ini, kita tidak perlu lagi menuliskan Instruksi pemrograman dalam kode-kode baris hanya untuk membuat sebuah Desaign Form/Aplikasi. Tetapi dengan sangat mudah yakni kita cukup melakukan Drag and drop object-object yang akan kita gunakan. VB.Net dapat kita jdaikan alat Bantu untuk membuat berbagai macam program computer. Aplikasi VB.NET hanya dapat dijalankan pada system Operasi Windows.

Pemanfaatan Aplikasi VB.NET

Aplikasi yang dapat dihasilkan dengan bahasa pemrograman VB.NET antara lain :

  1. Sistem Aplikasi Bisnis
  2. Software Aplikasi SMS
  3. Software Aplikasi Chatting
  4. Permainan (Game)
  5. Dan Lain-lain

LINGKUNGAN KERJA / INTEGRATED DEVELOPMENT ENVIRONMENT (IDE) VISUAL BASIC .NET

Untuk Memulai VB.NET pastikan Komputer anda sudah terinstall program yang bersangkutan yakni Microsoft Visual Studio 2010. Pertama Kali Muncul adalah seperti gambar dibawah ini :

Untuk membuat Aplikasi yang baru maka dapat dipilih New Project, sedangkan untuk membuka dapat dipilih Open Project. Setelah klik New Project akan muncul seperti gambar dibawah ini:

  1. Solution Explorer adalah sekumpulan modul/program aplikasi itu sendiri, projek disimpan dalam file berextension .
  2. Object Form adalah objek yang dipakai untuk tempat bekerja program aplikasi. Di dalamnya tempat diletakan objek-objek lainnya. Di dalam form ada grid (garis titik-titik yang berguana untuk pengaturan letak).
  3. Toolbox kotak alat berisi icon-icon atau komponen untuk memasukan objek tertentu kedalam form.
  4. Propertis adalah untuk menentukan setting suatu objek, menentukan cara kerja dari objek saat program dijalankan misal warna, hurup dan lain-lain
  5. Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan.

Membuat Project Baru

Pilih Menubar File → New → Project

Kemudian Tampil dialog layar, sebagai berikut :

Keterangan
1) Untuk memilih aplikasi apa yang dipakai seperti , Visual basic , Visual C#, Visual J#, Visual C++
2) Untuk membuat jenis aplikasi Windows
3) Untuk mengisi nama project yang dibuat
4) Untuk menentukan lokasi dimana aplikasi akan disimpan
5) Keterangan templates pada aplikasi

Repost by : http://jalankoding.blogspot.com